Kamis, 13 Juni 2024

Tips Jitu Mencari Supplier Terpercaya di Marketplace

Mencari supplier terpercaya menjadi kunci untuk membuka peluang bisnis online dapat berkembang. Di era perkembangan zaman yang semakin modern ini, semua bisa dilakukan dengan cepat dan mudah, termasuk dalam berbisnis. Dengan berbagai kemudahan yang ada, kini siapa saja bisa memulai bisnis online. Apalagi di tengah maraknya belanja online seperti sekarang ini, tentu peluang bisnis online masih terbuka lebar dan sangat menjanjikan.

Untuk memulai jualan online, Anda harus memiliki stok barang terlebih dahulu. Dalam hal ini, Anda bisa memproduksi barang sendiri atau mencari barang dari supplier tangan pertama. Jika memproduksi barang sendiri dirasa terlalu berat, maka membeli barang dari supplier adalah solusi yang tepat.

Supplier menjadi salah satu hal yang sangat penting dalam bisnis. Oleh sebab itu, Anda harus mencari supplier terpercaya dan berkualitas. Memilih supplier tak boleh sembarangan dan harus diperhatikan dengan cermat. Mengapa? Karena salah memilih supplier akan berdampak buruk pada kelangsungan bisnis Anda.

Banyak cara mencari supplier terpercaya, salah satunya lewat marketplace grosiran. Umumnya, marketplace grosiran merupakan wadah bagi pedagang, reseller, dropshipper, grosir, distributor, bahkan perusahaan tangan pertama. Oleh sebab itu, membeli barang di marketplace grosiran dianggap lebih menguntungkan.

Tips Mencari Supplier di Marketplace

Memilih supplier memang harus berhati-hati dan teliti. Hal ini penting agar bisnis Anda dapat berjalan lancar dan tanpa hambatan kedepannya. Jangan asal-asalan, ketahui tips mencari supplier di marketplace grosiran berikut ini:

1.Pilih Marketplace Terpercaya

Images by Pexels

Anda harus memilih marketplace terbaik dan terpercaya. Memilih marketplace sangat penting agar Anda bisa mendapatkan barang berkualitas dengan harga yang tidak terlalu mahal. Marketplace juga harus memiliki reputasi yang baik dan sistem keamanan yang kuat, sehingga tidak terjadi masalah kedepannya.

Ada berbagai contoh marketplace di Indonesia mulai dari Shopee, Tokopedia, Lazada, Bukalapak, dan lain sebagainya. Setiap marketplace memiliki fitur, keunikan, dan layanan yang berbeda-beda. Oleh sebab itu, Anda harus memilih marketplace yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

2.Tentukan Barang yang Ingin Dijual

Images by Pexels

Setelah menentukan marketplace yang tepat, selanjutnya Anda harus menentukan barang yang ingin dijual. Memilih produk untuk dijual mungkin merupakan keputusan tersulit yang harus Anda buat saat memulai bisnis online. Hal ini karena ada banyak sekali pilihan produk untuk dijual, yang semuanya memiliki potensinya masing-masing. 

Dalam memilih barang untuk dijual, Anda harus memahami tentang siapa yang membeli barang Anda dan apakah itu menguntungkan atau tidak. Jadi, pastikan barang yang Anda jual ada peminatnya dan bisa memberikan keuntungan. Sebagai contoh, Anda dapat memilih barang yang sedang trending dan populer di kalangan masyarakat.

Rahasia menemukan produk, variasi, dan kategori baru untuk toko Anda adalah memastikan bahwa produk tersebut tidak hanya populer saat ini, tetapi juga dalam jangka panjang. Sebaiknya pilihlah produk yang tidak hanya akan meningkatkan penjualan tetapi juga menumbuhkan basis pelanggan tetap Anda.

3.Cari Informasi Toko di Marketplace

Images by Pexels

Setelah menentukan barang apa yang ingin dijual, selanjutnya cari barang tersebut di marketplace. Setelah ketik barang yang dicari dan klik di pencarian marketplace, nantinya akan muncul berbagai barang yang ditawarkan dari toko yang berbeda. Lihatlah setiap toko yang ada di marketplace tersebut.

Untuk mendapatkan supplier terpercaya di marketplace, Anda harus mencari informasi toko tersebut. Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk menilai toko online di marketplace seperti sudah berapa banyak barang yang dijual, bagaimana rating toko, dan ulasan barang yang dijualnya.

  • Pertama, memperhatikan bagaimana rating toko online di marketplace sangatlah penting. Semakin tinggi rating toko, semakin besar kepercayaan orang kepada toko tersebut. Itu artinya, toko online tersebut benar-benar terpercaya dan bisa menjadi pilihan supplier untuk Anda.
  • Kedua, ulasan barang juga perlu diperhatikan. Bacalah setiap ulasan barang yang dijual oleh toko tersebut, apakah banyak ulasan positif atau negatif. Jika banyak ulasan positif, itu artinya barang yang dijual toko tersebut memang bagus dan terpercaya.

4.Hubungi Supplier

Images by Pexels

Selanjutnya, Anda dapat menghubungi pihak supplier dari toko yang sebelumnya sudah Anda pilih. Jika Anda sudah yakin dengan toko tersebut, Anda bisa memulai untuk bekerja sama dengannya. Ada beberapa pertanyaan yang perlu Anda tanyakan kepada supplier, salah satunya sebagai berikut ini:

  • Ketersedian Stok Barang

Jika sudah memilih toko tertentu untuk dijadikan supplier, langkah selanjutnya adalah menanyakan ketersediaan stok barang di toko tersebut. Pastikan toko yang Anda jadikan sebagai supplier selalu memiliki stok barang, sehingga Anda dapat membeli barang dari supplier untuk dijual sewaktu-waktu.

  • Kondisi Barang

Jangan lupa melihat dulu kondisi barang yang dijual supplier dengan mengecek keterangan produk. Jika informasi yang diberikan tidak terlalu lengkap, jangan ragu untuk bertanya kepada supplier. Tanyakan informasi yang Anda butuhkan melalui chat pribadi atau kolom komentar.

  • Kecepatan Pengiriman Barang

Persaingan bisnis online sangat ketat terutama dalam hal ketersediaan barang dan kecepatan pengiriman. Pilihlah toko yang memiliki riwayat pengiriman cepat, sehingga Anda tidak perlu menunggu terlalu lama. Toko dengan riwayat pengiriman yang buruk sebaiknya tidak dipertimbangkan menjadi supplier.

5.Pantau Layanan Supplier

Images by Pexels

Supplier yang sigap dan cepat dalam menanggapi pelanggan akan sangat penting ketika melakukan kerja sama. Respon supplier yang lambat bisa berdampak buruk pada kinerja bisnis Anda. Untuk mengetesnya, cobalah memesan barang dalam jumlah sedikit dan lihat bagaimana respon serta pelayanan supplier.

Seiring berjalannya waktu, semakin banyak yang menjalankan bisnis online. Namun, menjadi pebisnis online yang sukses bukanlah perkara mudah. Menjalankan bisnis online tidak hanya membutuhkan koneksi seluler dan internet untuk memasarkan produk Anda. Hal ini juga membutuhkan ketekunan dan semangat agar bisnis Anda dapat membawa hasil yang terbaik.

Salah satu tips untuk membantu tingkat keberhasilan bisnis online Anda adalah dengan menjaga fokus. Jika sudah menemukan strategi yang berhasil mendatangkan keuntungan, maka langkah selanjutnya adalah Anda harus konsisten dan tetap pada apa yang Anda lakukan sekarang.

Meskipun bisnis Anda berkembang dan Anda memiliki pendapatan yang stabil, Anda tidak boleh berpuas diri. Sudah banyak contoh pemilik bisnis yang akhirnya merugi karena semakin terlena dan puas dengan apa yang dimilikinya. Karena itu, Anda harus terus mempelajari hal-hal baru untuk mengembangkan bisnis Anda.

Array

Berita Terkait