Kamis, 13 Juni 2024

Panduan Affiliate Marketing untuk Pemula

Bagi pemula, panduan affiliate marketing sangat dibutuhkan untuk kemudahan dalam memulai sebagai affiliate marketing. Banyak cara mendapatkan penghasilan di era modern seperti ini, salah satunya melalui affiliate marketing. Mungkin masih banyak orang yang belum mengetahui tentang sistem bisnis yang satu ini. Padahal jika ditekuni, affiliate marketing bisa jadi bisnis yang sangat menjanjikan.

Lantas, apa itu affiliate marketing? dan bagaimana cara meraih penghasilan dari sistem bisnis tersebut? Tak perlu khawatir, Anda akan segera menemukan jawabannya disini. Pada kesempatan kali ini, kami akan memberikan panduan affiliate marketing yang bisa Anda pelajari dan terapkan untuk menghasilkan uang secara online.

Apa itu Affiliate Marketing?

Images by Pexels

Sederhananya, affiliate marketing adalah cara menghasilkan uang dengan mempromosikan produk, layanan, dan situs web. Sedangkan, orang yang mengikuti program affiliate marketing disebut sebagai afiliator atau mitra afiliasi. Affiliate marketing bisa disebut sebagai model monetisasi, di mana mitra afiliasi dibayar untuk memberikan hasil tertentu kepada retailer (pengecer) atau advertiser (pengiklan).

Dalam affiliate marketing, afiliator atau pemasar independen bertanggung jawab untuk mempromosikan produk atau layanan merek dengan imbalan komisi. Dengan kata lain, mereka akan memperoleh sebagian keuntungan dari setiap pengunjung situs web, penjualan, atau arahan yang mereka hasilkan. 

Agar lebih paham lagi, perhatikan beberapa pihak yang terlibat dalam affiliate marketing berikut ini:

1.Afiliasi

Afiliasi atau yang juga dikenal sebagai afiliator adalah penerbit atau mitra yang mempromosikan produk atau layanan. Karena sebagian besar aktivitas affiliate marketing dilakukan di internet, maka seorang afiliator harus memiliki situs web. Atau jika tidak punya situs web, afiliator bisa menggunakan sosial media.

Afiliator bertugas untuk mempromosikan bisnis atau layanan merek pengiklan melalui tautan yang dapat dilacak. Biasanya promosi dilakukan dalam berbagai bentuk seperti posting blog, halaman kupon, ulasan produk, posting sosial, spanduk iklan, portal perbandingan produk, buletin, kampanye email, dan lain-lain.

2.Merek

Merek adalah pedagang atau perusahaan yang menjual produk atau layanan. Afiliasi bermitra dengan merek untuk menyebarkan berita tentang bisnis mereka dan mendorong penjualan. Merek akan memberikan komisi kepada afiliasi untuk setiap penjualan atau klik ke situs web mereka.

3.Konsumen

Sederhananya, konsumen adalah pengguna akhir yang mengklik tautan afiliasi dan membeli produk atau layanan di situs web pengiklan.

Afiliasi, merek, dan konsumen menjadi bagian penting dalam affiliate marketing. Ketiganya menjalin hubungan bisnis yang saling menguntungkan. Afiliasi meraih komisi, merek memperoleh pelanggan, dan konsumen mendapatkan produk yang dibeli atau layanan yang digunakan.

Bagaimana Skema Komisi dan Cara Kerja Affiliate Marketing?

Images by Pexels

Komisi yang didapatkan seorang afiliator bervariasi. Persentase komisi paling umum dalam program affiliate marketing, dan tingkat komisi afiliasi rata-rata adalah antara 5–30%. Tetapi ada juga yang menawarkan komisi diatas itu. Setelah mengetahui berapa komisinya, sekarang saatnya Anda cari tahu bagaimana cara kerja affiliate marketing.

Jika Anda ingin bergabung dalam program affiliate marketing, Anda dapat mengikuti panduan affiliate marketing singkat dan mudah berikut ini:

  • Beberapa program affiliate marketing beroperasi di ruang online. Temukan dan bergabunglah dengan program yang paling cocok untuk Anda.
  • Pilih produk dan penawaran mana yang akan Anda promosikan
  • Dapatkan tautan afiliasi unik untuk setiap produk atau penawaran yang akan Anda promosikan.
  • Sekarang temukan ruang untuk membagikan tautan tersebut agar bisa menjangkau audiens yang lebih luas. Anda dapat membagikannya di situs web, blog, atau platform media sosial apa pun.
  • Setiap kali seseorang melakukan pembelian menggunakan tautan Anda, Anda akan mendapat komisi.

Bagaimana? mudah sekali kan? Panduan affiliate marketing ini bisa semua orang lakukan dan kamu memiliki kesempatan yang sama untuk sukses sebagai affliator. Untuk menjalankan bisnis online ini, Anda tidak memerlukan produk. Anda hanya perlu bermodalkan smartphone dan koneksi internet untuk mempromosikan produk.

Keuntungan Bergabung dalam Program Affiliate Marketing

Images by Pexels

Tak bisa dipungkiri, program affiliate marketing kini semakin diminati. Bahkan di Amerika Serikat, pengeluaran untuk affiliate marketing selama lima tahun terakhir meningkat lebih dari 65%. Pada tahun 2017, perusahaan telah menghabiskan 5,4 miliar untuk  affiliate marketing. Tahun ini jumlahnya diperkirakan mencapai setidaknya 8,2 miliar.

Keingintahuan tentang keuntungan affiliate marketing semakin berkembang. Volume pencarian untuk kata kunci terkait affiliate marketing meningkat sebesar 300% dalam kurun waktu yang sama. Popularitas yang semakin meningkat adalah tanda bahwa bergabung dalam affiliate marketing sangat menggiurkan.

Ada banyak manfaat bergabung dalam program affiliate marketing, salah satunya sebagai berikut ini:

1.Tidak Perlu Membuat Produk

Bagi Anda yang ingin berbisnis tapi terkendala modal, affiliate marketing adalah solusinya. Dalam hal ini, Anda dapat menjual berbagai produk tanpa harus memproduksinya sendiri. Selain itu, banyak pilihan program affiliate marketing yang bisa Anda pilih sesuai dengan keinginan Anda.

2.Tidak Perlu Modal

Sebagian besar program affiliate marketing bisa diikuti secara gratis. Untuk bergabung dalam program ini, Anda tidak perlu mengeluarkan modal apapun. Biasanya, Anda hanya diminta mengisi data diri dan membuat tautan afiliasi. Setelah itu, Anda sudah resmi menjadi mitra afiliasi dan bisa mulai mempromosikan produk atau jasa perusahaan.

3.Tugas Sangat Mudah

Jika memiliki bisnis sendiri, Anda harus memikirkan promosi dan pengemasan barang. Jika Anda bergabung dalam program affiliate marketing, tugas Anda hanya promosi saja. Anda dapat mempromosikan produk atau jasa di internet dengan menyisipkan tautan afiliasi Anda. Tujuannya agar orang melakukan pembelian melalui tautan Anda, sehingga Anda bisa memperoleh komisi.

4.Komisi Tak Terbatas

Semakin banyak orang yang melakukan pembelian menggunakan tautan Anda, semakin besar pula komisi yang akan Anda dapatkan. Ini bisa menjadi penghasilan pasif, sekalipun Anda sudah tidak melakukan apapun lagi. Selama tautan Anda masih tersedia dan orang membeli melalui tautan Anda, selama itulah komisi Anda akan terus mengalir.

Array

Berita Terkait