Kamis, 13 Juni 2024

Menilik Perbedaan HTTP dan HTTPS, Protokol yang Amankan Komunikasi dan Data di Internet!

Ketika kita menjelajahi internet, kita pasti sering mendengar tentang istilah “HTTP” dan “HTTPS.” Kedua protokol ini memainkan peran yang sangat penting dalam mengatur bagaimana data dan informasi ditransmisikan antara perangkat kita dan server hosting situs web. Meskipun keduanya memiliki kesamaan, tetapi HTTP dan HTTPS juga memiliki perbedaan yang sangat relevan dalam konteks keamanan dan privasi.

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas secara detail tentang perbedaan antara HTTP (Hypertext Transfer Protocol) dan HTTPS (Hypertext Transfer Protocol Secure). Selain itu, kita juga akan membahas alasan mengapa HTTPS menjadi standar yang semakin penting di era digital saat ini.

1.Pengertian HTTP dan HTTPS

HTTP adalah protokol komunikasi yang paling umum digunakan untuk mentransfer data di World Wide Web. Protokol ini digunakan oleh browser web untuk meminta dan mengambil sumber daya, seperti halaman web, gambar, video, dan berkas lainnya dari server hosting. Selain itu, HTTP juga bertanggung jawab untuk mengirimkan permintaan dari pengguna (biasanya melalui URL) ke server dan mengantarkan tanggapan dari server kembali ke pengguna.

Di sisi lain, HTTPS adalah versi yang lebih aman dari HTTP. Protokol ini menggunakan lapisan keamanan tambahan bernama SSL/TLS (Secure Sockets Layer/Transport Layer Security) untuk mengenkripsi data yang ditransmisikan antara pengguna dan server. Dengan kata lain, HTTPS mengamankan saluran komunikasi, membuatnya lebih sulit bagi pihak ketiga yang tidak sah untuk mencuri atau memanipulasi data selama transfer.

2.Keamanan dan Privasi

Perbedaan utama antara HTTP dan HTTPS yaitu keamanan. HTTP tidak menyediakan enkripsi data, sehingga informasi yang ditransmisikan melalui koneksi HTTP berada dalam bentuk teks biasa yang mudah diakses oleh siapa saja yang dapat mencuri paket data di antara pengguna dan server. Hal ini menjadikan HTTP rentan terhadap serangan pengintai (eavesdropping) dan penyusupan data.

Di sisi lain, HTTPS menggunakan protokol enkripsi SSL/TLS untuk mengamankan data. Enkripsi ini mengacak data menjadi format yang tidak dapat dibaca secara langsung oleh pihak ketiga. Ini membuatnya jauh lebih sulit bagi pihak yang tidak berwenang untuk mengakses informasi sensitif, seperti kata sandi, data pribadi, atau informasi keuangan.

3.Sertifikat SSL/TLS

Untuk menggunakan HTTPS, situs web harus memiliki sertifikat SSL/TLS yang sah. Sertifikat ini dikeluarkan oleh pihak otoritas sertifikat terpercaya dan berfungsi untuk mengotentikasi identitas pemilik situs web. Ketika pengguna mengakses situs HTTPS, browser akan memeriksa sertifikat tersebut untuk memastikan bahwa situs tersebut adalah asli dan valid. Jika ada masalah dengan sertifikat atau tidak dapat diverifikasi, browser akan memberikan peringatan kepada pengguna.

Sertifikat SSL/TLS juga berperan dalam proses enkripsi data. Ketika pengguna berkomunikasi dengan situs HTTPS, browser dan server akan melakukan pertukaran kunci enkripsi. Kunci ini akan digunakan untuk mengacak dan mendekripsi data selama transfer.

4.Pengaruh pada SEO

HTTPS juga berperan dalam optimasi mesin pencari (SEO). Mesin pencari seperti Google telah memberikan perhatian lebih pada situs web yang menggunakan HTTPS, menganggapnya sebagai faktor positif dalam peringkat pencarian. Oleh karena itu, menggunakan HTTPS dapat membantu meningkatkan peringkat situs web Anda di hasil pencarian, sehingga dapat meningkatkan lalu lintas dan visibilitas situs.

5.Perbedaan dalam URL

Perbedaan lain antara HTTP dan HTTPS adalah dalam URL situs web. Situs yang menggunakan HTTP biasanya dimulai dengan “http://,” sedangkan situs yang menggunakan HTTPS dimulai dengan “https://.” Perubahan ini dapat terlihat jelas pada bar alamat browser Anda ketika Anda mengunjungi situs yang aman.

Intinya, HTTP dan HTTPS adalah dua protokol yang berperan penting dalam mengatur komunikasi dan transfer data di internet. Perbedaan utama di antara keduanya adalah tingkat keamanan yang ditawarkan. HTTPS, dengan enkripsi SSL/TLS-nya, menawarkan lapisan keamanan tambahan yang membantu melindungi data dan privasi pengguna.

Penggunaan HTTPS semakin menjadi standar dalam web modern, terutama karena pentingnya keamanan dan privasi dalam era digital saat ini. Jika Anda memiliki situs web atau berinteraksi secara online, pastikan untuk menggunakan HTTPS untuk menjaga keamanan data dan meningkatkan kepercayaan pengguna terhadap layanan Anda.

 

 

Array

Berita Terkait