Kamis, 13 Juni 2024

Mengenal Ar Rayyan, Pintu Surga Khusus Bagi Orang yang Rajin Berpuasa

Dalam Islam, surga adalah tempat yang penuh dengan kenikmatan dan kebahagiaan. Surga diperuntukan bagi manusia yang semasa hidupnya senantiasa mengerjakan perintah Allah dan menjauhi segala larangannya. Al-Quran dan Hadis pun sudah memberikan gambaran tentang surga yang indah dan menakjubkan tersebut.

Kenikmatan di dunia hanya sementara, sedangkan kenikmatan di surga bersifat kekal abadi. Orang-orang yang masuk surga akan menikmati kehidupan yang bebas dari segala kesengsaraan, penyakit, dan penderitaan. Surga memberikan berbagai kenikmatan dan keindahan yang belum pernah dirasakan di dunia. 

Surga memiliki delapan pintu yang akan membuka jalan menuju kebahagiaan abadi bagi orang-orang shaleh, salah satunya adalah Ar-Rayyan. Pintu surga Ar-Rayyan disediakan khusus bagi orang-orang yang rajin berpuasa. Allah menjanjikan bahwa hanya orang yang rajin menjalankan ibadah puasa saja yang dapat memasuki pintu surga ini.

Mengenal Ar Rayyan, Pintu Surga Khusus Bagi Orang yang Rajin Berpuasa

Pintu surga Ar Rayyan adalah salah satu janji Allah yang diberikan kepada orang-orang yang dengan tekun menjalani ibadah puasa. Nama “Ar Rayyan” berasal dari bahasa Arab yang berarti puas, segar dan tidak haus. Ar Rayyan merupakan salah satu pintu dari delapan pintu surga yang ada yang disediakan khusus bagi orang yang berpuasa. Disebutkan dalam hadits Sahl bin Sa’ad As Sa’idi radhiallahu’anhu, Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda:

“Di surga ada delapan pintu, diantaranya ada pintu yang disebut dengan ar-Rayyan. Tidak ada yang bisa memasukinya kecuali orang-orang yang berpuasa” (HR. Bukhari no. 3257).

Betapa beruntungnya orang yang semasa hidupnya selalu istiqomah dalam berpuasa, sehingga mendapatkan balasan berupa surga khusus. Dari Sahl bin Sa’ad, dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, beliau bersabda,

“Sesungguhnya di surga ada suatu pintu yang disebut “ar rayyan“. Orang-orang yang berpuasa akan masuk melalui pintu tersebut pada hari kiamat. Selain orang yang berpuasa tidak akan memasukinya. Nanti orang yang berpuasa akan diseru, “Mana orang yang berpuasa.” Lantas mereka pun berdiri, selain mereka tidak akan memasukinya. Jika orang yang berpuasa tersebut telah memasukinya, maka akan tertutup dan setelah itu tidak ada lagi yang memasukinya” (HR. Bukhari no. 1896 dan Muslim no. 1152).

Kejar Surga dengan Perbanyak Berpuasa Sunnah 

Dalam sebuah kanal youtube, Ustadz Adi Hidayat menjelaskan tentang keutamaan berpuasa. Orang-orang yang mengerjakan ibadah puasa wajib dan rajin melakukan puasa sunnah memiliki peluang untuk masuk ke dalam surga Ar-Rayyan.

“Nabi pernah mengatakan, nanti di surga ada satu pintu yang dinamakan dengan Ar Rayyan. Pintu tersebut yang khusus akan dimasuki oleh orang orang yang berpuasa, mereka adalah orang yang senang berpuasa. Puasa Ramadhan itu wajib, namun orang orang ini juga mengejar puasa lainnya,” kata Ustaz Adi Hidayat.

Ustadz Adi Hidayat mengatakan bahwa nantinya pintu surga Ar Rayyan akan seperti memanggil orang yang semasa hidupnya rajin berpuasa, atau senang menjalankan berbagai jenis puasa semata-mata untuk mengejar pahala Allah Subhanahu wa ta’ala. Ketika melintas pintu surga Ar Rayyan, maka segala dahaga, rasa haus akan hilang, dan berganti dengan rasa yang menyegarkan.

“Sebelum dia masuk ke surganya Allah, orang-orang ini akan diberikan kenikmatan sebelum masuk surga. Dalam riwayat lain di Al Bukhari, ini nanti pintu surga ini akan memanggil siapa yang suka berpuasa. Kemudian setelah orang itu masuk, pintu ini akan segera menutup rapat,” ucapnya.

“Ingat, setelah dia melintasi pintu tersebut Nabi pernah mengatakan bahwa segala rasa haus dan dahaga akan hilang. Berganti ke rasa segar atau menyegarkan. Kekal di surga tidak akan merasakan haus selama hidupnya, berbeda dengan orang yang masuk ke surga melintasi pintu lain,” imbuhnya.

Demikian penjelasan singkat tentang pintu surga Ar Rayyan yang mungkin perlu kita ketahui. Semoga kita dapat termotivasi dan bersemangat untuk menjalankan ibadah puasa, baik wajib dan sunnah. Semoga kita termasuk orang-orang saleh yang kelak masuk ke dalam surga Allah Subhanahu wa ta’ala, Aamiin Ya Rabbal Alamin…

 

Array

Berita Terkait