Kamis, 13 Juni 2024

MasyaAllah! Inilah Amalan Ringan yang Dapat Menghapus Dosa Walau Sebanyak Buih di Lautan!

Setiap manusia pernah melakukan kesalahan, baik yang disengaja maupun yang tidak disengaja. Selama kita masih hidup di dunia, selama itulah kita akan berperang dengan diri sendiri untuk menghindari dosa. Sebagai seorang muslim, sudah sewajarnya kita mentaati segala perintah Allah dan menjauhi segala larangannya.

Sayangnya, kekhilafan terkadang menjadi sebab mengapa kita masih terjerumus ke dalam dosa. Salah satu cara menghapus dosa adalah bertaubat dengan sungguh-sungguh dan berjanji untuk tidak mengulanginya. Selain itu, kita juga dapat mengerjakan amal shaleh untuk menambah pahala, sekaligus menghapus dosa. 

Amalan Ringan yang Dapat Menghapus Dosa Walau Sebanyak Buih di Lautan

Dalam Islam, ada beberapa amalan yang apabila dikerjakan akan mendapatkan pahala, sekaligus menghapus dosa. Bahkan, ada juga amalan ringan yang dapat menghapus dosa walau sebanyak buih di lautan. Amalan ringan tersebut adalah dzikir subhanallah wabihamdihi.

Dzikir subhanallah wabihamdihi merupakan amalan yang sangat ringan di lisan, namun pahalanya sangat besar. Tak main-main, Allah Subhanahu wa ta’ala akan menghapus dosa-dosa orang yang rajin mengucapkannya. Hal ini sebagaimana ceramah yang disampaikan oleh Syekh Ali Jaber dalam sebuah kajian:

“Barangsiapa yang mengucapkan 100x subhanallah wabihamdihi dalam sehari, diampuni segala dosa walaupun dosanya lebih besar dari buih laut.” ujar Syekh Ali Jaber, seperti yang dilansir dari kanal Youtube Media Dakwah Hikmah TV.

“Bisa nggak diukur buih laut? Berapa besarnya, nggak bisa. Sepanjang pantai, sepanjang pinggiran laut, semua itu buih laut. Nggak bisa dihitung, nggak bisa ditimbang, nggak bisa diukur. Biarpun dosanya lebih besar dari itu, hanya 100x subhanallah wabihamdihi dalam sehari, Allah ampuni segala dosa kita.” imbuhnya.

Keutamaan mengucapkan subhanallah wabihamdihi ini sudah dijelaskan dalam hadis, yang berbunyi: Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“Dua kalimat yang ringan di lisan, namun berat dalam timbangan (amalan) dan dicintai oleh Ar-Rahman, yaitu SUBHANALLAHI WABIHAMDIH, SUBHANALLAHIL ‘AZHIM (Maha Suci Allah, segala pujian untuk-Nya. Maha Suci Allah Yang Maha Mulia).” (HR. Bukhari, no. 6682 dan Muslim, no. 2694)”

Sebagai manusia biasa yang tak luput dari dosa dan kesalahan, ada baiknya kita rajin mengerjakan amal saleh. Ada banyak sekali amalan dan perbuatan baik yang dapat kita kerjakan, salah satunya dengan dzikir subhanallah wabihamdihi ini. Marilah kita memanfaatkan waktu luang kita dengan sesuatu yang bermanfaat, yang dapat memberatkan timbangan amalan baik kita di akhirat kelak.

Array

Berita Terkait