Kamis, 13 Juni 2024

Jokowi Sebut Status Pandemi Kini Jadi Endemi di Indonesia

Baru-baru ini, Presiden Joko Widodo mengumumkan bahwa pemerintah resmi mencabut status pandemi Covid-19 di Indonesia. Jokowi juga menyatakan bahwa mulai Rabu, 21 Juni 2023, Covid-19 telah memasuki fase endemi di Indonesia. Indonesia telah selesai melewati masa pandemi.

“Setelah tiga tahun lebih kita berjuang bersama menghadapi Pandemi Covid-19, sejak hari ini, Rabu, 21 Juni 2023, pemerintah memutuskan untuk mencabut status pandemi dan kita mulai memasuki masa endemi,” ujar Presiden dalam keterangannya yang disiarkan langsung melalui kanal YouTube Sekretariat Presiden, pada Rabu, 21 Juni 2023.

Presiden Jokowi mengambil keputusan tersebut setelah melihat angka konfirmasi harian kasus Covid-19 di Indonesia mendekati nihil. Selain itu, berdasarkan hasil sero survei, Presiden menyampaikan bahwa 99 persen masyarakat Indonesia telah memiliki antibodi Covid-19.

“WHO juga telah mencabut status public health emergency of international concern,” lanjutnya.

Meskipun begitu, Jokowi meminta masyarakat tetap waspada dan terus mempraktikkan perilaku hidup sehat dan bersih. Presiden Jokowi berharap keputusan tersebut akan memberikan dampak positif pada pertumbuhan ekonomi nasional.

“Pemerintah berharap perekonomian nasional akan bergerak makin baik dan meningkatkan kualitas kehidupan sosial ekonomi masyarakat,” tandasnya.

Apa itu Endemi?

Images by Pexels

Status Covid-19 sudah menjadi endemi di Indonesia. Sebagian masyarakat mungkin belum mengetahui tentang apa itu endemi. Perlu diketahui, endemi tidak sama dengan pandemi. Endemi merujuk pada keadaan ketika penyakit tertentu ada secara terus-menerus atau secara rutin terjadi di wilayah geografis tertentu, kelompok populasi, atau di dalam kelompok tertentu dalam jangka waktu yang lama.

Dalam kasus endemi, tingkat kejadian penyakit tersebut dianggap “normal” atau stabil di area yang terdampak, meskipun dapat terjadi fluktuasi musiman atau perubahan dalam tingkat prevalensi.

Ciri khas dari endemi adalah bahwa penyakit tersebut ada di suatu wilayah tertentu secara terus-menerus tanpa menyebar ke wilayah lain dengan tingkat yang signifikan. Endemi sering terkait dengan faktor-faktor lokal tertentu yang mempengaruhi penyebaran penyakit, seperti lingkungan, geografi, iklim, kebiasaan hidup, dan faktor sosial.

Sebagai contoh, malaria di beberapa wilayah di Afrika adalah contoh penyakit endemik. Meskipun penyakit ini tidak menyebar ke seluruh dunia secara luas, namun terus-menerus terjadi di wilayah-wilayah tertentu di Afrika dengan tingkat yang relatif stabil.

Penting untuk membedakan endemi dengan pandemi. Endemi hanya berada di wilayah yang terbatas, sementara pandemi merujuk pada penyebaran penyakit yang meluas di banyak negara atau benua. Misalnya, pandemi COVID-19 saat ini telah menyebar ke berbagai negara di seluruh dunia, sedangkan sebelumnya penyakit ini mungkin hanya ada dalam bentuk endemik di beberapa daerah.

Pengendalian penyakit endemi membutuhkan pemahaman yang mendalam tentang faktor-faktor yang mempengaruhi penyebarannya di wilayah tertentu. Upaya pencegahan dan pengobatan penyakit harus diarahkan pada kontrol dan pengurangan tingkat kejadian di wilayah yang terkena endemi.

Array

Berita Terkait