Kamis, 13 Juni 2024

Hujan Berhari-hari, Korea Selatan Dilanda Banjir Bandang dan Tanah Longsor

Kabar duka datang dari Korea Selatan, Korea Selatan dilanda banjir bandang dan tanah longsor dimana puluhan orang meninggal dunia akibat bencana tersebut. Tak hanya korban tewas, masih banyak orang yang dikabarkan hilang dan belum ditemukan. Tim SAR tengah berusaha menyelamatkan mereka yang terperangkap di terowongan banjir. 

Diketahui, Korea Selatan dilanda hujan lebat selama beberapa hari terakhir ini. Hujan deras yang tiada henti itulah yang menyebabkan meluapnya bendungan besar. Hal ini mengakibatkan banjir bandang, tanah longsor, dan pemadaman listrik di sebagian besar wilayah negara tersebut.

Dampak Banjir Bandang dan Tanah Longsor di Korea Selatan

Sumber gambar dari news.sky.com

Banjir dan tanah longsor yang terjadi di Korea Selatan memberikan dampak buruk bagi masyarakat setempat. Salah satu dampak terburuknya adalah korban meninggal dunia. Berdasarkan informasi terbaru pada hari Senin ini, empat jenazah ditemukan di dalam terowongan bawah tanah yang terendam banjir di bagian tengah Korea Selatan, sehingga total korban tewas atau hilang akibat hujan baru-baru ini mencapai 49 orang.

Terowongan bawah tanah Osong di pusat kota Cheongju dilanda banjir pada Sabtu pekan lalu ketika sungai di dekatnya meluap akibat hujan lebat yang menyebabkan tanggulnya jebol. Akibatnya, 15 kendaraan, termasuk satu bus, terjebak di bawah air. Empat jenazah ditemukan semalam, sehingga total korban tewas menjadi 13 orang.

Sekitar 39 orang meninggal akibat hujan lebat yang melanda sejak pekan lalu, dengan 19 orang di Provinsi Gyeongsang Utara. Menurut Markas Besar Pusat Penanggulangan Bencana dan Keselamatan, hingga pukul 06:00 pagi, sembilan orang masih hilang, delapan di antaranya di Provinsi Gyeongsang Utara, dan 34 orang mengalami luka.

Jumlah korban diperkirakan masih bisa bertambah. Hal ini karena tim penyelamat terus melakukan upaya pengeringan dan pencarian di terowongan yang terendam banjir. Sekitar 10 kendaraan diyakini masih terperangkap di lokasi tersebut.

Kurang lebih sekitar 10.570 orang di Korea Selatan mengungsi akibat banjir ini. Disamping itu, bencana tersebut juga menyebabkan kerusakan pada 628 fasilitas umum dan 317 properti pribadi lainnya, termasuk 146 jalan yang rusak atau terhanyut, serta 139 rumah terendam banjir.

 

Array

Berita Terkait