Kamis, 13 Juni 2024

Apa itu HTTPS? Yuk, Cari Tahu Definisi dan Cara Kerjanya Disini!

Di era digital saat ini, hampir semua aspek kehidupan manusia terhubung dengan internet. Penggunaan internet tidak lagi terbatas pada komputer, tetapi juga meliputi perangkat mobile seperti smartphone dan tablet. Dalam konteks ini, keamanan internet sudah menjadi perhatian utama bagi para pengguna, terutama dalam mengakses situs web dan bertukar informasi secara online. Salah satu teknologi yang krusial dalam menjaga keamanan tersebut adalah HTTPS. Apa itu HTTPS? Mari kita bedah dalam artikel ini.

Apa itu HTTPS?

Definisi HTTPS (Hypertext Transfer Protocol Secure) adalah protokol komunikasi yang digunakan untuk mengamankan transfer data antara perangkat pengguna dan server web. HTTPS bertujuan untuk melindungi integritas dan kerahasiaan data saat berada dalam perjalanan dari perangkat pengguna ke server, serta menjaga identitas dan keaslian server yang dikunjungi oleh pengguna.

HTTPS adalah versi aman dari protokol HTTP, yang merupakan protokol dasar untuk mengirimkan dan menerima permintaan serta data antara browser web (seperti Google Chrome, Mozilla Firefox) dengan server web. Dengan menggunakan HTTPS, data dikodekan menggunakan teknologi enkripsi sehingga sulit bagi pihak yang tidak berwenang untuk mengintip atau mencuri informasi yang ditransmisikan.

Bagaimana Cara Kerja HTTPS?

HTTPS bekerja dengan menggunakan protokol enkripsi SSL/TLS (Secure Socket Layer/Transport Layer Security) untuk melindungi transfer data antara perangkat pengguna (seperti browser web) dan server web. Untuk mengetahui bagaimana cara kerja HTPPS, simak penjelasan singkat berikut ini:

1.Permintaan Koneksi

Ketika Anda memasukkan URL yang dimulai dengan “https://” di peramban web Anda dan menekan Enter, peramban mengirimkan permintaan ke server untuk memulai sesi aman dengan menggunakan protokol HTTPS.

2.Handshake (Pertukaran Kunci)

Setelah menerima permintaan koneksi, server merespons dengan mengirimkan sertifikat SSL/TLS yang berisi kunci publik dan informasi lainnya yang diperlukan untuk menginisiasi koneksi aman. Sertifikat ini dikeluarkan oleh otoritas sertifikat terpercaya dan berfungsi untuk memverifikasi identitas server.

3.Verifikasi Sertifikat

Peramban Anda akan memeriksa sertifikat yang diterima dari server untuk memastikan bahwa itu sah dan valid. Ini membutuhkan verifikasi tanda tangan digital pada sertifikat oleh otoritas sertifikat yang diakui. Jika sertifikatnya valid, maka peramban yakin bahwa Anda berkomunikasi dengan server yang asli dan dapat dipercaya.

4.Pertukaran Kunci Sesuai

Setelah verifikasi sertifikat, peramban web Anda akan menghasilkan kunci enkripsi untuk sesi yang aman. Kunci ini akan dikirimkan kembali ke server menggunakan kunci publik yang ada dalam sertifikat.

5.Enkripsi Data

Sekarang, peramban dan server memiliki kunci enkripsi yang sama untuk sesi ini. Selama pertukaran data, informasi yang dikirimkan antara peramban dan server dienkripsi menggunakan kunci ini. Sehingga, jika ada pihak yang mencoba memata-matai atau mencuri data selama transmisi, mereka hanya akan melihat data yang tidak berguna. Hal ini karena data tersebut telah diacak dan tidak dapat dibaca tanpa kunci enkripsi yang tepat.

6.Pengiriman Data Aman

Selama sesi berlangsung, data yang Anda kirimkan atau terima dari server, seperti formulir login, informasi pribadi, atau rincian pembayaran, akan dienkripsi sebelum dikirim melalui internet. Hal ini bertujuan untuk menjaga kerahasiaan dan integritas data selama proses pengiriman.

7.Selesai

Setelah pertukaran data selesai atau sesi berakhir, peramban web dan server dapat memutuskan koneksi aman, dan kunci enkripsi yang digunakan dalam sesi tersebut tidak lagi digunakan.

Seluruh proses ini berlangsung secara otomatis di belakang layar tanpa interaksi langsung dari pengguna. Dengan menggunakan HTTPS, komunikasi antara perangkat pengguna dan server menjadi lebih aman, mengurangi risiko penipuan, pencurian data, atau pemantauan pihak ketiga yang tidak sah.

Nah, itulah penjelasan tentang apa itu HTTPS dan bagaimana cara kerja HTTPS yang mungkin perlu Anda ketahui.

 

Array

Berita Terkait