Kamis, 13 Juni 2024

Apa itu HTTP?

Hypertext Transfer Protocol sering disingkat HTTP, apa itu HTTP? HTTP adalah protokol komunikasi yang digunakan untuk mentransfer data melalui World Wide Web (WWW). Protokol ini memungkinkan komunikasi antara klien (biasanya berupa web browser) dengan server web. HTTP digunakan sebagai dasar bagi banyak interaksi dan pertukaran informasi di internet, termasuk penampilan halaman web, pengiriman data formulir, pengunduhan file, dan banyak lagi.

Sejarah HTTP dimulai pada awal tahun 1990-an ketika Tim Berners-Lee, seorang ilmuwan komputer di CERN (Centre Europeen pour la Recherchee Nucleaire), menciptakan World Wide Web. Dia mengembangkan sistem hypertext pertamanya, yang disebut ENQUIRE, sebagai cara untuk menghubungkan dan menyebarkan informasi antara para ilmuwan di CERN. Konsep ini menjadi landasan untuk pengembangan WWW lebih lanjut.

Bagaimana Cara Kerja HTTP?

HTTP beroperasi di atas protokol transport seperti TCP/IP, yang memastikan data dapat dikirimkan dari satu titik ke titik lain di internet. Proses komunikasi antara klien dan server membutuhkan permintaan dan tanggapan. Berikut ini penjelasan singkat tentang cara kerja HTTP:

1.Permintaan (Request)

Proses dimulai ketika pengguna memasukkan URL di browser atau mengklik tautan pada halaman web. Browser web kemudian membuat permintaan HTTP ke server web untuk mengambil halaman web atau sumber daya yang diinginkan. Permintaan HTTP berisi informasi tentang jenis permintaan (GET, POST, PUT, DELETE, dll.), URL sasaran, dan berbagai header yang mengandung informasi tambahan seperti jenis konten yang diterima oleh browser, bahasa yang diinginkan, dan lain sebagainya.

2.Pengiriman Permintaan (Request Delivery)

Permintaan HTTP yang dibuat oleh browser dikirim melalui jaringan internet menggunakan protokol TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol). Permintaan ini mencapai server web yang menyimpan halaman atau sumber daya yang diminta.

3.Pemrosesan Permintaan (Request Processing)

Setelah server web menerima permintaan, ia akan memproses permintaan tersebut. Proses ini melibatkan pengecekan apakah permintaan valid dan sesuai dengan aturan server. Server juga dapat melakukan tugas tambahan, seperti mengolah data yang dikirim dalam permintaan POST atau menyimpan data dalam basis data.

4.Respons (Response)

Setelah permintaan diproses, server mengirimkan respons HTTP kembali ke browser web. Respons HTTP berisi status kode yang menunjukkan apakah permintaan berhasil atau gagal (misalnya 200 OK, 404 Not Found, 500 Internal Server Error, dst.). Jika permintaan berhasil, respons juga berisi data yang diminta, seperti halaman HTML atau sumber daya lainnya.

5.Pengiriman Respons (Response Delivery)

Respons HTTP dikirim kembali ke browser melalui jaringan internet menggunakan protokol TCP/IP. Browser menerima respons dan memprosesnya sesuai dengan status kode dan data yang dikandungnya.

6.Tampilan di Browser

Setelah browser menerima respons HTTP yang sukses, ia akan mengurai data yang diterima, seperti HTML dan CSS, untuk menampilkan halaman web yang diinginkan. Jika respons berisi sumber daya seperti gambar, video, atau file lainnya, browser akan mengunduhnya dan menampilkannya sesuai dengan jenis konten yang sesuai.

Proses ini berulang setiap kali Anda mengakses halaman web atau melakukan interaksi lainnya dengan situs web. HTTP adalah protokol dasar yang mendasari sebagian besar interaksi di web dan memungkinkan berbagai jenis data untuk ditransfer di seluruh dunia melalui internet.

Apa itu HTTP? Intinya, HTTP adalah tulang punggung komunikasi di World Wide Web. Dengan menggunakan protokol ini, browser web Anda dapat berkomunikasi dengan server untuk mengambil, mengirimkan, atau memodifikasi sumber daya. Sejak awal diciptakan oleh Tim Berners-Lee, HTTP telah berkembang secara signifikan, dengan berbagai versi seperti HTTP/1.1, HTTP/2, dan HTTP/3. Setiap versi HTTP tersebut menawarkan peningkatan dalam performa, keamanan, dan efisiensi.

Dengan semakin kompleksnya aplikasi web modern dan peningkatan permintaan untuk kinerja yang lebih baik, HTTP terus berada di garis depan perkembangan teknologi, sehingga membantu kita menjelajahi internet dengan mudah dan efisien.

 

Array

Berita Terkait