Kamis, 13 Juni 2024

Apa itu Adware? Yuk, Cari Tahu dan Pahami Ciri-cirinya!

Tiba-tiba ada banyak iklan di smartphone dan laptop kamu? Hati-hati ya, siapa tahu itu adware. Jika kamu belum tahu tentang apa itu adware, yuk cari tahu di artikel ini. 

Adware adalah software yang sengaja dibuat untuk menampilkan iklan yang tidak diinginkan kepada pengguna. Biasanya iklan tersebut hadir dalam bentuk pop-up, pop-under, banner, atau iklan in-line di dalam aplikasi maupun situs web. Adware bertujuan untuk menghasilkan pendapatan bagi pembuatnya dengan memperlihatkan iklan kepada pengguna, bahkan tanpa persetujuan atau pengetahuan mereka.

Biasanya adware disertakan dalam perangkat lunak lain yang diunduh oleh pengguna, seperti freeware (perangkat lunak gratis) atau shareware (perangkat lunak percobaan). 

Ketika pengguna menginstal aplikasi tersebut, adware akan otomatis terpasang tanpa sepengetahuan mereka. Kemudian, adware ini akan menampilkan iklan di komputer atau perangkat lain pengguna, sehingga menyebabkan gangguan dan membuat pengguna tidak nyaman.

Meskipun adware bukanlah jenis malware yang merusak sistem atau mencuri data pribadi, tetapi kehadirannya dapat mengganggu, mengurangi performa perangkat, dan mengganggu aktivitas online pengguna. Oleh karena itu, banyak pengguna memandang adware sebagai ancaman keamanan siber dan berusaha untuk menghapusnya dari perangkat mereka.

Ciri-Ciri Adware yang Harus Kamu Tahu

Setelah memahami apa itu adware, kamu juga perlu mengetahui tentang ciri-ciri adware. 

Mengetahui ciri-ciri adware sangat penting agar kamu bisa mengidentifikasi dan mengatasi potensi ancaman atau gangguan yang mungkin disebabkan oleh perangkat lunak tersebut. Nah, berikut adalah beberapa ciri-ciri umum dari adware:

1.Iklan yang Tidak Biasa

Adware cenderung menampilkan iklan-iklan yang tidak relevan atau tidak diminta oleh pengguna. Iklan mungkin muncul di tempat-tempat yang tidak terduga, seperti di dalam aplikasi atau situs web yang sebelumnya tidak menampilkan iklan.

2.Pop-up Berlebihan

Jika kamu melihat banyak pop-up iklan yang muncul saat kamu menjelajahi internet atau menggunakan aplikasi, ini bisa menjadi tanda adware diinstal di perangkat kamu.

3.Pengalihan Browser

Adware juga dapat mengubah pengaturan browser pengguna atau menyebabkan pengalihan ke situs web yang tidak diinginkan. Jika browser kamu mengarahkan kamu ke halaman yang tidak biasa tanpa persetujuan, ada kemungkinan adware yang menyebabkan hal tersebut.

4.Perubahan Halaman Awal

Adware dapat mengubah halaman awal browser kamu tanpa izin, sehingga mengarahkan kamu ke situs web tertentu yang berisi iklan, atau bahkan halaman palsu untuk mengumpulkan data pribadi kamu.

5.Perangkat Menjadi Lambat

Jika perangkat kamu tiba-tiba berjalan lebih lambat dari biasanya, bisa jadi itu karena ada adware yang sedang berjalan di latar belakang dan mengkonsumsi sumber daya sistem perangkat kamu.

6.Munculnya Aplikasi Baru yang Tidak Dikenal

Jika kamu melihat aplikasi yang tidak dikenal atau tidak diinginkan tiba-tiba muncul di perangkat kamu, ini bisa menjadi tanda adanya adware.

7.Penggunaan Data Meningkat

Adware dapat mengonsumsi banyak data internet dengan menampilkan iklan atau berkomunikasi dengan server tertentu. Jika ada peningkatan yang mencurigakan dalam penggunaan data, ada kemungkinan itu ulah adware.

8.Ketidakstabilan Sistem

Adware dapat menyebabkan perangkat menjadi tidak stabil atau sering mengalami crash, terutama jika adware tersebut bersifat agresif dan berfungsi tidak semestinya.

Demikian penjelasan singkat tentang apa itu adware dan ciri-cirinya yang penting untuk diketahui. Jika kamu mencurigai adanya adware di perangkat kamu, pastikan untuk segera menghapusnya ya!

 

 

Array

Berita Terkait