Kamis, 13 Juni 2024

Bikin Masyarakat Murka, Bukit Teletubbies Bromo Terbakar Gara-gara Foto Prewedding!

Bukit Teletubbies Gunung Bromo mengalami kebakaran sejak Rabu 6 September 2023 hingga Kamis 7 September 2023. Kebakaran ini terjadi akibat ulah pengunjung yang menyalakan flare untuk foto prewedding di kawasan Bukit Teletubbies.

Berdasarkan informasi yang beredar, ada lima buah flare yang digunakan selama sesi foto prewedding tersebut. Hanya empat flare yang berhasil dinyalakan, sementara satu lainnya gagal dan menyebabkan ledakan yang memicu kebakaran. Akibatnya, sekitar 50 hektar padang savana Bromo hangus terbakar.

“Saat sesi pemotretan, empat flare dinyalakan, sedangkan satu flare gagal lalu meletup. Letupan Ini lah yang membuat padang savana seluas 50 hektar terbakar,” ujar Kapolres Probolinggo AKBP, Wisnu Wardana di Mapolres Probolinggo Kamis (7/9/2023) seperti dikutip dari Kompas.com.

Terbakarnya bukit teletubbies bromo akibat ulah foto prewedding ini membuat masyarakat murka, dan tak sedikit yang mengecam tindakan tersebut. Sebagian besar warganet menyayangkan manajer WO (Wedding Organizer) yang mengambil konsep tersebut, sehingga menyebabkan kebakaran dan merusak alam.

Atas kasus kebakaran di Gunung Bromo ini, manajer atau penanggung jawab wedding organizer tersebut kini resmi dijadikan tersangka. Tersangka berinisial AW (41) terancam 5 tahun bui. AW dijerat dengan Pasal 50 ayat 3 huruf D juncto Pasal 78 ayat 4 UU Nomor 41 Tahun 1999 tentang Kehutanan sebagaimana diubah dalam Pasal 50 ayat 2 huruf b juncto Pasal 78 ayat 5 UU Nomor 6 Tahun 2023 tentang Penetapan PP pengganti UU RI 2/2022 tentang Cipta Kerja menjadi UU dan/atau Pasal 188 KUHP.

“Ancaman hukumannya penjara paling lama 5 tahun dan denda paling banyak Rp 1,5 miliar,” ujar Kapolres Probolinggo AKBP Wisnu Wardana saat konferensi pers di Polres Probolinggo, Kamis (7/9/2023).

Wisata Gunung Bromo Ditutup Sementara

Salah satu dampak buruk dari terbakarnya bukit teletubbies bromo adalah ditutupnya wisata gunung bromo. Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (BB TNBTS) memutuskan untuk menutup total aktivitas wisata dari semua pintu masuk kawasan Gunung Bromo. Penutupan dilakukan mulai Rabu, 6 September 2023 pukul 22.00 WIB.

Kepala Bagian Tata Usaha Balai Besar TNBTS, Septi Eka Wardhani, mengatakan bahwa penutupan ini bertujuan agar proses pemadaman berjalan dengan lancar. Selain itu, penutupan ini juga dilakukan demi menjaga keamanan pengunjung. Penutupan dilakukan hingga batas waktu yang belum ditentukan. 

Dikutip dari Instagram resmi BBTN Bromo Tengger Semeru, calon wisatawan yang sudah memesan tiket untuk tanggal 7 September 2023 diperkenankan masuk ke kawasan wisata Gunung Bromo. Namun, wisatawan hanya bisa masuk melalui pintu masuk Wonokitri, Kabupaten Pasuruan dan Cemoro Lawang, Kabupaten Probolinggo. 

Kunjungan dibatasi sampai dengan Laut Pasir Bromo dan tidak diperkenankan menuju arah Savana Lembah Watangan hingga Jemplang. Sedangkan untuk calon wisatawan yang sudah booking tiket online pada 8 September dan seterusnya tidak diperkenankan untuk melakukan kunjungan. Calon wisatawan bisa melakukan reschedule atau penjadwalan ulang saat wisata Gunung Bromo kembali dibuka. 

“Pengunjung bisa melakukan reschedule saat wisata Gunung Bromo kembali dibuka,” terang Septi.

Sebagai informasi, akses wisata Gunung Bromo memiliki empat pintu masuk yakni mulai dari Probolinggo, di Desa Ngadisari, Kecamatan Sukapura, dan dari Pasuruan di Desa Wonokitri, Kecamatan Tosari. Kemudian, dari Kabupaten Lumajang, serta pada pintu masuk Jemplang, Kecamatan Poncokusumo, Kabupaten Malang. Penutupan akses wisata tersebut dikeluarkan BB TNBTS melalui Pengumuman nomor PG.08/T.8/BIDTEK/9/2023.

Sebelum insiden kebakaran, bukit Teletubbies Bromo adalah salah satu objek wisata yang sering dikunjungi oleh para wisatawan yang datang ke gunung bromo. Pemandangan disini sangat indah dengan latar belakang gunung bromo yang megah dan padang rumput hijau yang luas. Wisatawan sering mendaki bukit ini untuk menikmati pemandangan matahari terbit atau matahari terbenam yang menakjubkan.

Array

Berita Terkait