Kamis, 13 Juni 2024

Penyedia Layanan Email Gratis Selain Gmail, Wajib Tahu Nih!

Penyedia layanan email gratis selain gmail sangat banyak. Email adalah salah satu cara paling umum untuk berkomunikasi secara elektronik di era digital. Saat ini, email terbaik ditempati oleh gmail, sebuah layanan penyedia email dari Google. Gmail menjadi salah satu penyedia layanan email gratis paling populer di dunia. Kepopuleran itulah yang membuat gmail mendominasi pasar selama bertahun-tahun. Bahkan, hampir sebagian besar orang selalu menggunakan gmail untuk membuat email.

Selain gmail, rupanya banyak penyedia layanan email gratis yang layak dipertimbangkan. Setiap email tersebut memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. Meskipun ada berbagai layanan email yang berbeda, tetapi konsep dasar email tetap sama, yaitu menyampaikan pesan elektronik dari satu pengguna ke pengguna lainnya dengan cepat dan aman.

Penyedia Layanan Email Gratis Selain Gmail

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas beberapa alternatif penyedia email gratis selain gmail yang dapat Anda gunakan:

1.Yahoo Mail

Yahoo Mail adalah layanan email yang disediakan oleh perusahaan internet Amerika, Yahoo. Layanan ini memungkinkan pengguna untuk membuat alamat email dengan domain @yahoo.com. Yahoo Mail memungkinkan Anda untuk mengirim, menerima, serta mengelola email secara online melalui platform webmail atau aplikasi mobile.

Hadir sejak tahun 1997, Yahoo Mail telah mengalami berbagai perubahan dan pembaruan seiring berjalannya waktu. Beberapa fitur yang umumnya tersedia di Yahoo Mail meliputi penyaringan email berdasarkan kategori, penyimpanan email yang cukup besar, kalender, kontak, dan banyak lagi.

2.Outlook

Outlook.com adalah layanan surel atau email berbasis web yang disediakan oleh Microsoft. Layanan ini pertama kali dikenal sebagai Hotmail ketika diluncurkan pada tahun 1996, tetapi kemudian diubah namanya menjadi Outlook.com pada tahun 2013. Outlook.com memungkinkan pengguna untuk mengirim, menerima, dan mengelola email secara online melalui peramban web mereka.

Selain email, Outlook.com juga menyediakan berbagai fitur tambahan. Ini termasuk kalender online, kontak, dan integrasi dengan layanan Microsoft lainnya, seperti OneDrive (penyimpanan cloud), Microsoft Office Online (aplikasi produktivitas seperti Word, Excel, dan PowerPoint yang dapat diakses secara online), dan Skype (layanan pesan dan panggilan video).

3.ProtonMail

Jika keamanan email adalah prioritas Anda, maka ProtonMail menjadi pilihan yang tepat. ProtonMail adalah penyedia layanan email yang dikenal karena fokusnya pada privasi dan keamanan. Layanan ini pertama kali diluncurkan pada tahun 2014 oleh tim yang berbasis di Jenewa, Swiss.

ProtonMail menawarkan fitur-fitur yang dirancang untuk melindungi privasi pengguna, seperti enkripsi end-to-end, yang berarti pesan-pesan email dienkripsi sebelum dikirim dari pengirim dan hanya dapat didekripsi oleh penerima. Ini berarti, ProtonMail sendiri pun tidak dapat mengakses isi email pengguna.

4.Zoho Mail

Zoho Mail adalah salah satu layanan email yang disediakan oleh Zoho Corporation, sebuah perusahaan teknologi yang menyediakan berbagai solusi perangkat lunak bisnis dan layanan berbasis cloud. Zoho Mail adalah layanan email berbasis web yang dirancang untuk penggunaan bisnis dan profesional.

Zoho Mail memberikan layanan hosting email dengan domain kustom sehingga perusahaan dapat memiliki alamat email dengan domain mereka sendiri (contohnya, nama@namaperusahaan.com). Zoho Mail juga dilengkapi dengan kalender dan buku alamat yang memungkinkan pengguna untuk mengelola janji temu dan kontak bisnis mereka.

5.Pepipost

Pepipost adalah layanan pengiriman email yang dirancang untuk membantu bisnis mengirim email massal secara efisien dan handal. Layanan ini biasanya digunakan untuk mengirim email pemasaran, email transaksional, pemberitahuan, dan komunikasi bisnis lainnya melalui email.

Selain itu, Pepipost juga menawarkan berbagai fitur dan alat untuk membantu pengguna mengirim email dengan cepat, mengelola daftar email, melacak pengiriman, serta memantau dan menganalisis kinerja kampanye email.

Salah satu keunggulan Pepipost adalah kemampuannya untuk mengirim email dengan tingkat pengiriman yang tinggi dan menghindari masuknya email ke dalam folder spam. Layanan ini juga menawarkan sistem manajemen API yang kuat, sehingga memudahkan pengguna untuk mengintegrasikan layanan ini dengan aplikasi dan situs web mereka.

6.AOL Mail

AOL Mail adalah layanan email yang disediakan oleh AOL (America Online),sebuah  perusahaan teknologi dan media yang populer, terutama pada tahun 1990-an. AOL Mail menjadi salah satu produk yang disediakan oleh AOL sebagai bagian dari layanan mereka. Dengan AOL Mail, pengguna dapat membuat alamat email AOL, serta mengirim dan menerima email melalui platform tersebut.

Beberapa fitur yang ditawarkan oleh AOL Mail termasuk penyimpanan email yang cukup besar, filter spam, pengelompokan otomatis email, dan kemampuan untuk mengakses email melalui antarmuka web atau melalui klien email desktop atau ponsel. Meskipun telah ada perubahan dalam pengelolaan dan branding perusahaan, AOL Mail tetap menjadi salah satu opsi untuk mengakses layanan email gratis.

7.Mail.com

Mail.com adalah layanan email gratis yang menyediakan alamat email dengan domain “@mail.com.” Layanan ini memungkinkan pengguna untuk membuat alamat email dengan domain tersebut dan menggunakannya untuk mengirim dan menerima email. Mail.com merupakan salah satu dari banyak layanan email gratis yang tersedia di internet dan digunakan oleh banyak orang di seluruh dunia untuk berkomunikasi secara elektronik.

Mail.com menyediakan fitur dasar email seperti kotak masuk, pengiriman pesan, lampiran, dan daftar kontak. Pengguna dapat mengakses akun Mail.com mereka melalui webmail atau mengkonfigurasi klien email mereka untuk mengambil pesan melalui protokol seperti POP3 atau IMAP.

Selain itu, Mail.com juga menawarkan berbagai domain pilihan, sehingga pengguna dapat memiliki alamat email yang sesuai dengan minat atau kebutuhan mereka. Sebagai contoh, mereka dapat memilih alamat email dengan domain seperti “@doctor.com,” “@musician.com,” atau “@teacher.com,” tergantung pada profesi atau minat mereka.

Selain yang disebutkan diatas, tentunya masih banyak penyedia alamat email gratis selain gmail lainnya. Meski begitu, beberapa layanan email diatas mungkin bisa menjadi alternatif yang Anda butuhkan selain gmail.

Array

Berita Terkait