Kamis, 13 Juni 2024

4 Bahaya Wifi Publik yang Harus Diwaspadai, Jangan Asal Pakai Ya!

Wifi publik merujuk pada jaringan wifi yang tersedia untuk umum di tempat-tempat umum seperti kafe, restoran, bandara, hotel, taman, atau area publik lainnya. wifi Publik adalah jaringan nirkabel yang dapat diakses oleh siapa saja dengan perangkat yang mendukung koneksi Wifi, seperti smartphone, tablet, atau laptop. Ada berbagai macam bahaya wifi publik yang perlu diwaspadai, simak ya.

Keberadaan Wifi Publik memungkinkan pengguna untuk terhubung ke internet secara gratis atau dengan biaya tertentu, tergantung pada penyedia layanan atau tempat yang menyediakan akses tersebut. Wifi publik memungkinkan pengguna untuk menjelajahi internet, mengakses email, media sosial, atau menggunakan aplikasi dan layanan online lainnya saat berada di tempat-tempat umum tersebut.

Menilik Beberapa Bahaya Wifi Publik

Perlu diingat, ketika terhubung ke Wifi Publik, ada beberapa kekhawatiran keamanan yang perlu dipertimbangkan. Karena jaringan ini dapat diakses oleh siapa saja, ada potensi risiko keamanan. Berikut ini adalah beberapa bahaya wifi publik yang harus diwaspadai:

1.Serangan Man-in-the-Middle (MitM)

Serangan Man-in-the-Middle (MitM) adalah jenis serangan keamanan komputer di mana hacker memposisikan dirinya di antara dua pihak yang berkomunikasi dan mengintersep serta memanipulasi komunikasi mereka. Dalam serangan ini, hacker membuat koneksi terpisah dengan masing-masing pihak, sehingga keduanya berpikir bahwa mereka sedang berkomunikasi langsung satu sama lain, padahal sebenarnya semua data yang mereka kirim dan terima melalui hacker.

Dalam jaringan wifi publik, hacker dapat mengacak-acak atau memalsukan alamat IP, mencuri kredensial otentikasi, atau menginstal perangkat lunak berbahaya pada sistem target. Selain itu, hacker juga dapat memata-matai komunikasi antara dua pihak, mencuri informasi sensitif seperti kata sandi atau data keuangan, dan bahkan memanipulasi data yang dikirimkan.

2.Serangan Malware

Bahaya wifi publik selanjutnya adalah serangan malware. Malware dalam jaringan Wifi publik merupakan jenis ancaman keamanan yang dapat menginfeksi perangkat yang terhubung ke jaringan wifi tersebut. Malware ini dapat mencuri informasi pribadi, seperti kata sandi, nomor kartu kredit, atau data penting lainnya yang dikirimkan melalui jaringan tersebut.

Ada berbagai jenis malware yang mungkin ditemukan dalam jaringan Wifi publik, salah satunya Ransomware. Perlu diketahui, ransomware adalah malware yang mengenkripsi file pada perangkat dan kemudian meminta tebusan agar file tersebut dikembalikan. Dalam jaringan Wifi publik, hacker dapat menyebarkan ransomware melalui jaringan untuk mencoba menginfeksi perangkat yang terhubung.

3.Serangan Evil Twin Attacks

Evil Twin Attacks merupakan salah satu bentuk serangan keamanan yang terjadi dalam jaringan Wifi publik. Pada serangan ini, hacker menciptakan titik akses Wifi palsu yang memiliki nama (SSID) dan konfigurasi serupa dengan jaringan wifi yang sah. Serangan ini bertujuan untuk menipu pengguna dan membuat mereka terhubung ke jaringan palsu tersebut.

Ketika pengguna terhubung ke titik akses palsu, hacker dapat melakukan serangkaian tindakan jahat. Misalnya, memantau lalu lintas data yang lewat, mencuri informasi pribadi seperti kata sandi, mengalihkan pengguna ke situs web palsu untuk mencuri informasi keuangan, atau bahkan menginjeksi malware ke perangkat pengguna.

4.Serangan Packet Sniffing

Packet sniffing adalah proses pengumpulan dan analisis paket data yang dikirim melalui jaringan komputer. Dalam jaringan wifi publik, packet sniffing mengacu pada praktik memantau dan merekam lalu lintas data yang dikirimkan melalui jaringan wifi publik oleh pengguna lain.

Dalam jaringan wifi publik, paket data dikirim melalui medium nirkabel yang dapat diterima oleh siapa pun yang berada dalam jangkauan jaringan. Sebagai contoh, jika kamu terhubung ke hotspot wifi publik di sebuah kafe, paket data yang kamu kirim dan terima dapat diakses oleh orang lain yang juga terhubung ke hotspot tersebut. Bahaya wifi publik yang satu menjadi salah satu hal yang perlu diwaspadai.

Nah, itulah beberapa bahaya wifi publik yang harus diwaspadai. Ingatlah bahwa Wifi publik rentan terhadap serangan. Oleh sebab itu, penting untuk tetap waspada dan menggunakan langkah-langkah keamanan yang tepat saat terhubung ke jaringan tersebut.

 

Array

Berita Terkait